Asteroid Super Besar Diperkirakan Mendekati Bumi

Siaran Rakyat. Diperkirakan minggu depan, Asteroid besar berukuran dua kali lebih besar dari ukuran Boeing 747 akan menyeberang dan mendekati Bumi.

Seperti dilansir dari DailyMail Online, perkiraan waktu  asteroid bernama 2016 NF23 akan menyeberangi Bumi pada 29 Agustus sekitar jarak lebih dari 4,8 juta kilometer atau 13 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Batu angkasa besar akan bergerak pada lebih dari 32.400 kilometer per jam dan dianggap sebagai objek berbahaya karena jarak asteroid yang bersangkutan. Pada awal September, kemungkinan jalur asteroid baru akan meluncur pada jarak yang aman.

Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), NF23 asteroid 2016 diperkirakan memiliki lebar 70 hingga 160 meter sesuai dengan panjang Boeing 747.

Pada 160 meter, asteroid lebih tinggi dari Piramida Agung Giza di Mesir, yang hanya berukuran 138 meter.

Kini bebatuan angkasa masuk kategori dalam kelompok ‘Athena’ . Hal ini yang dinamai setelah asteroid Athena pada  tahun 1862.

Ditunjukkan pada Diagram NASA Jet Powered Laboratory bahwa orbit batuan diselingi Bumi dan asteroid lebih dekat ke planet manusia dalam beberapa hari 29 Agustus, pada hari asteroid mencapai titik terdekatnya.

Saat ini, asteroid berada sekitar 0,3 unit astronomi (au) atau sekitar 4,8 juta kilometer dari Bumi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tambah Emas, Indonesia Naik Posisi di Asian Games

Ini Kata Mahfud Md di Balik Kegagalan Dirinya Cawapres 2019

Rupiah Diperkirakan Melemah Lagi